Saturday, December 17, 2005

City of A Thousand Faces

Pernah kan ngalamin masa-masa GiFo.. Gila Foto. Foto barengan temen ngangkat tangan, ngangkat kaki.. cheers!! Jepret jepret! Saya tidak pernah menyesal pernah melewati masa-masa kejayaan ber GiFo ini. Kebayang kan anak Sastra…dulu saya sama temen-temen suka janjian pake baju warna tertentu dihari tertentu kalau kuliah. Udah gitu pergi rame rame ke halaman Gedung Sate, bukan mau demo tapi mau foto foto! Saya punya beberapa session pemotretan.. di Bukit Dago, Tangkuban Perahu, Maribaya, Sumedang (!).. kalo engga sama temen sastra inggris ya sama the gank (Ririt, Diding, Momi.. apa kabarnya ya mereka?)
Foto-foto saya itu ya disimpen di album yang dihias guntingan-guntingan majalah. Pada jamannya dulu album jenis gitu top abis kali ya….

Itu cerita kesenangan saya berfoto ria. Cerita selanjutnya adalah tentang kesukaan orang tertentu yang memampang fotonya besar-besar di billboard kota diikuti dengan “what’s on the city”. Contohnya nih……Setiap saya nganter Diaddra sekolah saya selalu berhenti dibawah billboard bertemakan Makassar Gemar Membaca. Yang mengusik saya…. foto walikota makassar di billboard itu kok dominant sekali ya. Jadi nyaris setiap parkir dibawah billboard yang ketangkap Cuma “pesan” pak walikota yang lagi ketawa. Engga Cuma itu lho… Foto si bapak itu masih ada lagi disalah satu simpang dekat Pantai Losari. Tuh kan…. Message on the boardnya apa ya?? Yang saya inget Cuma foto pak wali yang pake baju abu-abu!!

Ada lagi billboard campaign untuk penggangulang narkoba dan HIV AIDS yang sepertinya merupakan joint campaign antara telkomsel, IDI dan beberapa institusi lagi. Yang jelas ada beberapa foto (mungkin sekitar 6 foto) yang di tampilkan diatas message selamatkan generasi muda dari narkoba dan hiv aids itu.

Sebegitu pentingkah foto-foto itu untuk ditampilkan pada message board? Kenapa himbauan kepada masyarakat harus disertai foto walikotanya yang super besar; kenapa himbauan untuk menyelamatkan generasi muda harus juga disertai foto-foto mereka (siapa ya anyway yang ada di message board itu?). Ada relevansinya ngga sih sama pesen yang mau disampaikan?? Lucu dan ironisnya, message board himbauan penyelematan generasi muda itu berikut foto-fotonya, dipasang diseberang Billboard Konser Peterpan yang suueeeper besar…..dan tentu saja more eye catching!! Lagi-lagi deh pesannya engga sampe… wong pengemudi kendaraan pastilah lebih seneng liat gambarnya peterpan yang jauh lebih besar itu.

I am not being cynical. I just wondering…apakah mereka juga GiFo seperti saya dulu???

1 comment:

Irwin @Internet said...

Orang Indo gak di poster, koran, web site resmi sama aja, suka pamer foto pimpinan daripada isi. Jadi kalo mo menilai buat apa sebuah situs resmi dibuat liat aja ada foto pimpinan di halaman depan gak, kalo ada pasti situs itu cuman dibuat untuk diresmikan dan dilupakan